Just my scratch

Thursday, 4 August 2016

Hari 4 : Variabel dan nama

10:43:00 Posted by Unknown No comments


Sejauh ini kalian sudah tau bagaimana mengoutputkan data dan melakukan perhitungan matematika sederhana, sekarang kita akan mencoba menggunakan variabel. Sebelum kita memulai kita harus tahu dahulu apa itu variabel, variabel merupakan suatu tempat untuk menampung data atau konstanta di memori nilai pada variabel yang sama itu bisa berubah-ubah selama proses program.











Output







Dengan melihat variabel sisa_permen dan total_permen_sekrang kita bisa menyimpulkan bahwa varaibel bisa dioprasikan atau disi dengan nilai dari suatu variabel selama type datanya sama dan pada baris ke 11 kita bisa menyimpulkan bahwa nilai sebuah variabel bisa berubah-ubah tergantung dengan programmnya. Untuk menampilkan nilai sebuah variabel. demikian tentang Ruby yang bisa gw tulis hari ini kalau ada typo atau salah-salah dikit mohon maklum dibawah ini juga ada soal buat tantangan dan membantu memahami apa itu variabel terimakasih

Soal

  1. Apakah fungsi #{nama_variabel} pada program diatas?
  2. Apa yang terjadi ketika baris pada nomor 1 dipindah ke baris ke 7, jelaskan !
  3. Buatlah sebuah program untuk menghitung luas persegi panajng dan luas lingkaran dengan ketentuan sebagi berikut
    • Buatlah variabel yang mnjadi cirikhas bangun tersebut misal variabel lebar untuk lebar persegi panjang
    • Hitunglah luas dan keliling dari bangun datar tersebut
    • Buatlah variabel dengan nama tinggi dengan nilai yang kalian suka
    • Kemudian dengan menambahkan tinggi anggaplah kalian memunyai balok dan tabung, kemudian hitunglah volume dari balok dan tabung tersebut.
Berikut ini merupakan contoh output program dari soal nomor 3



0 komentar:

Post a Comment